Game

Mengenal Cryptarithm, Game Matematika Viral di Clash of Champions Ruangguru

Mengenal Cryptarithm, Game Matematika Viral di Clash of Champions Ruangguru
Peserta Clash of Champions 'Ruangguru' bermain game Cryptarithm. (Foto: screenshot YouTube Ruangguru)

PASUNDAN EKSPRES - Acara Clash of Champions yang diselenggarakan Ruangguru kini menjadi viral di media sosial, termasuk salah satu game matematika bernama Cryptarithm.

Dalam episode terbaru Clash of Champions yang ditayangkan pada Sabtu dan Minggu, 6-7 Juli 2024 di kanal YouTube Ruangguru, para peserta CoC dari berbagai universitas semakin sengit berkompetisi dalam setiap episodenya untuk meraih gelar juara.

Memasuki episode 4, acara ini kembali memberikan tantangan baru kepada peserta yang berhasil lolos ke babak selanjutnya.

Salah satu game yang menarik perhatian peserta juga pemirsa yang menonton adalah Cryptarithm, yang memang asing terdengar di telinga para peserta CoC.

Namun, hal itu tidak berlaku bagi peserta bernama Sandy dan Axel yang berasal dari National University of Singapore (NUS) yang berhasil memecahkan game tersebut secara sempurna.

Diketahui, Tim Sandy yang terdiri dari Axel, Yesaya dan Hanif menantang lawannya yaitu Tim Jessica yang terdiri dari Ficky, Sarah, dan Chindita untuk bermain game Cryptarithm War.

Sandy dan Axel yang sudah terbiasa memecahkan soal-soal Cryptarithm sejak SD itu berhasil mengalahkan Tim Jessica dan timnya berhasil lolos ke babak selanjutnya setelah menjawab 5 soal dengan cepat.

Usai acara, Cryptarithm menjadi perbincangan hangat di sosial media setelah pemirsa yang menonton terpukau dengan kecepatan menjawab dari Sandy dan Axel yang berhasil memecahkan game paling sulit itu.

Lantas, apa itu Cryptarithm yang merupakan game matematika yang kini viral dimainkan di Clash of Champions Ruangguru?

Cryptarithm merupakan sebuah puzzle matematika dimana setiap angka dalam soal digantikan dengan huruf alfabet.

Adapun dalam Cryptarithm, setiap huruf mewakili satu angka yang berbeda sehingga diharuskan untuk memecahkan huruf yang merepresentasikan angka tersebut.

Dalam game 'Cryptarithm War' di Clash of Champions, peserta dihadapkan sebuah papan berisi 20 kotak yang terdiri dari 4 baris dan 5 kolom yang mana setiap kotaknya berisi teka-teki Cryptarithm yang harus dipecahkan.

Dalam masing-masing Cryptarithm, setiap huruf merepresentasikan angka satu digit yang unik dari 0 sampai 9.

Oleh karena itu, peserta harus menggunakan logika untuk menentukan nilai setiap huruf yang sesuai dengan persamaan tersebut.

Operasi matematika yang dapat digunakan dalam Cryptarithm yakni penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan lain-lain.

Cryptarithm juga terdiri dari tiga jenis yaitu Alfametika, Digimetika dan Pembagian Kerangka. (inm)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua