News

Jalan Tol Bocimi Longsor di Kilometer 64, Satu Mobil Terperosok ke Dalam Lubang

Jalan Tol Bocimi Longsor di Kilometer 64, Satu Mobil Terperosok ke Dalam Lubang
Jalan Tol Bocimi Longsor di Kilometer 64, Satu Mobil Terperosok ke Dalam Lubang (Image From: Jawa Pos)

PASUNDAN EKSPRES - Jalan Tol Bocimi longsor di Km 64. Pada tanggal 4 Agustus 2023 lalu, Presiden Joko Widodo telah meresmikan Jalan Tol Bocimi yang menghubungkan pintu keluar Gerbang Tol Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.

Namun, belum genap satu tahun, jalan tol tersebut harus mengalami longsor pada Rabu, (3/4/2024) tepatnya pukul 20.00 WIB. Jalan Tol Bocimi mengalami longsor atau ambles di Kilometer 64+600 pada arus mudik hari pertama, hingga menyebabkan tiga kendaraan harus terlibat dengan kejadian tersebut. 

Jalan Tol Bocimi Longsor

Menurut Manajemen PT Trans Jabar Tol ada tiga kendaraan yang menjadi korban karena kejadian amblesnya Jalan Tol Bocimi, yaitu dua mobil MPV dan satu truk. 

Ketiga kendaraan tersebut bergerak dari arah Jakarta menuju Sukabumi dengan kecepatan sekitar 80 kilometer per jam di jalur pertama. Saat melintasi kilometer 64+600 A, jalan lajur 1 tiba-tiba mengalami ambles, dan mengakibatkan satu kendaraan MVP jatuh ke lubang, sementara truk dan satu MVP lainnya berusaha menghindar dan menabrak median jalan. 

Dikabarkan dua korban mengalami luka-luka dan sudah dievakuasi ke RSUD Sekarwangi Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Titik Rawan Kecelakaan di Pantura, Waspada Saat Melintas Jelang Idul Fitri!

BACA JUGA: Malaysia Berikan Hadiah Tol Gratis Untuk Pemudik, Bagaimana dengan Indonesia?

Sementara, penyebab longsor Tol Bocimi diduga karena adanya gerusan air akibat curah hujan yang cukup tinggi. 

"Diduga longsor terjadi karena gerusan air akibat curah hujan yang lebat di sekitar lokasi. Saat ini Manajemen PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Waskita Toll Road sedang melakukan peninjauan lokasi untuk memastikan penanganan dan melihat kondisi keseluruhan ruas tol Bocimi," jelas Corporate Secretary WTR Alex Siwu, dikutip dari CNBC Indonesia, Kamis (4/4/2024).

Dalam video yang beredar di sosial media, terlihat bahwa tanah longsor tersebut menyebabkan terbentuknya lubang yang cukup besar. Akibatnya, akses ke bagian dalam jalan tol Tol Bocimi seksi 2 telah ditutup, dan arus lalu lintas untuk arah Sukabumi-Jakarta dialihkan ke Gate Tol Cigombong.

(ipa)

Berita Terkait