Tekno

Tombol View di WhatsApp Tidak Dapat dianggap Sebagai penipuan, Begini Kata Ahli

Tombol View di WhatsApp Tidak Dapat dianggap Sebagai penipuan
Tombol View di WhatsApp Tidak Dapat dianggap Sebagai penipuan/foto Screenshot via Freepik

PASUNDAN EKSPRES - Alfons Tanujaya, seorang Pengamat Keamanan Siber dari Vaksincom, menjelaskan bahwa tombol View di WhatsApp tidak berbahaya dan sebenarnya dirancang untuk membantu pengguna menghemat kuota.

"Tombol view itu adalah fitur penghematan kuota. oleh WhatsApp tidak otomatis unduh media, foto, dan dokumen. Tidak perlu ditakuti tombol view itu tidak seperti APK atau malware” Ujar alfon seperti yang dikutip dari CNBC Indonesia pada kamis 7 Maret 2024.

BACA JUGA:Fakta Menarik mengenai Gemini AI, yang Diklaim Jadi Saingan ChatGPT

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat dokumen sebelum mengunduhnya, sehingga media, foto, dan dokumen tidak secara otomatis terunduh ke perangkat mereka. 

Menurutnya, tombol View berbeda dengan APK atau malware, dan tidak ada alasan untuk mengkhawatirkannya.

Meskipun begitu, Divisi Humas Polri memberikan beberapa tips bagi pengguna WhatsApp agar berhati-hati jika menerima tombol View, karena adanya potensi penipuan. 

Mereka menyarankan untuk tidak membuka pesan atau mengklik tombol View, serta segera memblokir nomor pengirim. 

Namun, Alfons menegaskan bahwa tombol tersebut muncul karena pengaturan dari pengguna WhatsApp sendiri, dan bisa dikirimkan oleh siapapun, termasuk teman atau keluarga.

Selain itu, Divisi Humas juga menyarankan pengguna untuk merestart ponsel jika menerima tombol View, sebagai langkah pencegahan terhadap malware.

BACA JUGA:Ribuan Kendaraan Masuk Subang Selama Libur Natal, Lewat Gerbang Tol Cilameri

Namun, Alfons menyarankan agar langkah yang lebih tepat adalah dengan mengaktifkan airplane mode untuk mencegah pencurian SMS dan memeriksa aplikasi yang memiliki akses ke SMS setelah terkena malware.

(hil/hil)

Berita Terkait